Asal Undangan Kata Kepo


Kepo? Apa sih itu kepo? Zaman kini gak mungkin gak ada yang gak tau kata kepo itu. Kepo udah menjadi kata sehari-hari bagi semua orang di Indonesia. Namun, apa arti sebetulnya dari kepo itu? Asal usulnya darimana? Ayo, mari kita bahas bersama-sama.

Kepo merupakan kata slang alias ucapan terkenal di Indonesia yang muncul semenjak kurang lebih tahun 2012, ketika gue masih SMA. Kepo merupakan kepanjangan dari Knowing Every Particular Object, yang artinya mengetahui setiap hal tertentu atau bahasa lainnya ingin tau banget. Itu ialah arti yang gue tahu ketika itu, gue juga gak tahu darimana asal kata kepo tersebut.

Namun, seiring berjalannya waktu, mulai ada arti lain dari kata kepo tersebut. Seperti salah satunya KEPO = KElakuan POlisi, yang maksudnya kepo itu ibarat kelakuan polisi yang suka menginterogasi tersangka alias banyak bertanya.
Arti lainnya yaitu diambil dari bahasa Inggris yaitu, "Care Full" yang artinya "Peduli banget". Kata ini mengalami transformasi:
Care Full --> Ker Pol --> Kepo (aneh ya?)
Gara-gara arti lain dari kata kepo ini, gue semakin ingin tau mengenai asal usulnya darimana. Sehingga gue melaksanakan pencarian di internet untuk mencari artikel yang membahas kata kepo tersebut. Selain browsing, gue juga menerima info dari beberapa sobat gue.

Nah, sehabis mengumpulkan semua info mengenai kata kepo tersebut, gue balasannya tahu asal permintaan kata kepo itu dimana dan bagaimana.
Jadi, kata kepo itu berasal dari kata keypo yang merupakan bahasa Hokkien (bahasa yang dipakai oleh komunitas Tionghoa di Medan, Pekanbaru, dan Palembang), yang mempunyai arti:
Ke = Bertanya, Po (Apo) = Nenek-nenek
Makara artinya nenek-nenek yg suka bertanya. Tapi arti dari kata keypo ini  bisa diartikan juga yaitu ingin tahu atau penasaran, dan kata ini mempunyai konteks yang sama sekali tidak negatif.

Kemudian seiring berjalannya waktu, kata teresebut lama-lama menjadi kata serapan di bahasa Singlish (Singaporean English), kemudian lahirlah kata kaypoh. Kaypoh berarti busybody atau "to act as a busybody". Busybody sendiri artinya ialah orang yang suka campur tangan dalam urusan orang lain.

Akhirnya, kata kaypoh tersebut mulai diketahui oleh orang Indonesia, dan kata kaypoh itupun mulai berkembang menjadi kepo, dan begitulah asal permintaan kata kepo itu muncul dan kemudian tersebar luas di Indonesia.

0 Response to "Asal Undangan Kata Kepo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel