6 Tips Biar Percaya Diri (Pede)


Apakah anda orang yang suka gugup? Sering grogian? Dulu gue juga menyerupai itu, tapi sehabis mengikuti tips-tips ini, gue jadi mulai percaya diri (pede) dan gue gak takut kayak dulu lagi untuk tampil di depan umum. Gue ingat dulu Sekolah Menengah Pertama pas pelajaran Bhs. Indonesia, gue disuruh bawain dongeng ke depan kelas tanpa teks, dan gue gemeteran. Ngomongpun jadi gagap dan gue sanggup nilai yang kurang memuaskan plus malu-maluin di depan teman-teman :(

Saat masuk Sekolah Menengan Atas gue mulai berguru cara supaya pede. Nah, gue ingat pas pelajaran Bhs. Inggris, gue disuruh maju buat bercerita tanpa teks dengan Bhs. Inggris (bisa anda bayangkan bercerita pakai Bhs. Inggris tanpa teks?). Tapi gue gak takut, gue maju kedepan kelas dan mulai bercerita. Akhirnya... gue berhasil dan menerima nilai yang memuaskan. Jadi? Bagaiman caranya supaya sanggup pede?

1. Persiapkan Diri Sebelumnya
Sebelum anda tampil, anda harus mempersiapkan diri baik-baik dengan apa yang ingin anda bawakan nanti. Kalau bisa, dipersiapkan matang-matang, tapi jangan terlalu terpatok pada persiapannya. Anda juga perlu berimprovisasi ketika sedang tampil, bila nanti ada sesuatu di luar persiapan.

2. Santai/Tenang
Jangan tegang, anda harus hening dan santai/relax. Caranya? Bayangkan aja ketika anda lagi latihan, alasannya gue yakin ketika anda lagi latihan, anda niscaya pede-pede aja. Contoh, ketika anda akan tampil di panggung untuk bernyanyi, bayangkan aja ketika anda lagi bernyanyi di kamar.

3. Cuek
Jangan terlalu menghiraukan reaksi penonton, yang perlu anda hiraukan ialah penampilan anda. Jadi, jangan fokus pada penonton, tapi fokus pada diri sendiri, sehingga penonton pun secara gak eksklusif juga ikut terfokus pada diri anda.

4. Jangan Terlalu Banyak Berekspektasi
Anda jangan terlalu banyak memikirkan apa yang akan terjadi nanti di panggung. Gak perlu membayangkan sesuatu yang belum terjadi, yang penting anda sudah mempersiapkan diri.

5. Perbanyak Kegiatan yang Berhubungan dengan Publik
Mungkin untuk sanggup pede itu gak sanggup eksklusif dengan cepat. Jadi, ada baiknya kalau anda sering ikut berpartisipasi dalam program publik, biar anda terbiasa dengan kondisi dimana terdapat orang-orang banyak.

6. Berdoa
Selalu ingat untuk berdoa juga, biar semua sanggup berjalan dengan baik dan lancar.

0 Response to "6 Tips Biar Percaya Diri (Pede)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel