Review: Honda Pcx 150
Akhir-akhir ini gue sempat mengendarai salah satu motor scooter matic (motor pinjaman) yang sanggup dibilang canggih dikala ini. Motor itu ialah salah satu motor dari Honda, yaitu PCX 150. Apa ada yang tau? Sebelumnya gue juga gak tau, alasannya ialah motor ini gak pernah ada di iklan di TV Indonesia, gue juga gak tau kenapa ya, yang terang motor ini dibentuk oleh perusahaan Honda di Thailand. Motor ini mempunyai kecanggihan yang gak dimiliki motor matic lainnya. Kenapa sanggup begitu? Makanya ayo kita lihat bersama-sama.
Kalau berdasarkan gue dari segi desain, Honda PCX 150 ini mempunyai bentuk yang sporty, walaupun sebagai motor scooter matic. Pola desainnya hampir mirip motor besar atau motor laki. Kalau anda lihat, tampaknya motor ini terlihat berat dan susah dibawa. Tapi malah sebaliknya, motor ini sangat gampang dan nyaman untuk dikendarai, dan gak seberat mirip yang dilihat. Hanya saja, dalam keadaan macet dan di jalan yang sempit lebih membutuhkan kehati-hatian dikala mengendarai, alasannya ialah ukurannya yang lebih panjang 10 cm dari motor matic biasa.
Nyaman dikendarai walau ada passenger |
Untuk konsumsi bensin, motor ini sangat hemat untuk ukuran 153cc. Motor PCX 150 yang gue pinjam ini kebetulan mengunakan Pertamax, yang harganya kini kira-kira Rp.10.200/liter, jadi mau gak mau gue harus mengeluarkan uang yang lebih untuk bensin. Sedangkan ukuran tangki motor ini 1.6 gallons (US) = + 6 liter. Makara untuk mengisi bensin full tank, membutuhkan kira-kira Rp. 60.000. Kenapa gue sanggup bilang irit? Karena gue sering mengendarai motor ini pulang pergi setiap dengan jarak antara rumah dan daerah tujuan sekitar 20 km, jadi sehari gue menempuh 40 km. Gue coba tes dengan bensin full bolak-balik selama beberapa hari. Setelah pemakaian 4 hari = 160 km, motor ini hanya menghabiskan setengah dari materi bakarnya (3 liter). Berarti dengan bensin 1 liter, motor ini sanggup menempuh jarak kurang lebih 53 km. Kalau dengan full tank (6 liter) berarti motor ini sanggup menempuh jarak + 318 km. Kalau disimpulkan, hanya dengan Rp. 60.000 anda sanggup bolak-balik Bandung-Jakarta.
Irit , lincah dan stylish |
Kenapa Honda PCX 150 ini sanggup begitu irit? Alasannya, alasannya ialah teknologi mesinnya yang canggih. Motor ini mengunakan teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection) menyebabkan motor ini hemat dan ramah lingkungan sesuai dengan standar Emisi EURO 3. Selain itu motor ini mengunakan fitur ISS (Idling Stop System). Jadi, ketika mesin motor sudah panas dan berhenti lebih dari 3 detik, maka mesin motor akan mati dengan sendirinya dan berada pada keadaan Stand By, dan akan menyala lagi ketika kita menggas motornya. Pembakaran bensin pun menjadi lebih efisien dan menjadi lebih irit. Mungkin bagi yang pertama kali mengunakannya kayak gue, motor ini dikira mogok.
Sistem keamanan motor ini juga sangat canggih, jadi gak perlu takut kecurian. Honda PCX 150 menerapkan sistem pengunci ganda, yang pertama dengan pengunci stang dan yang kedua dengan key shutter (penutup lubang kunci) yang hanya sanggup dibuka dengan magnet yang ada pada kunci motor tersebut. Tambahan pengaman pada motor ini ialah Anti-Theft Alarm System, jadi dengan remote control bawaan, anda sanggup mengaktifkan alarm pada motor ini. Sehingga, motor akan berbunyi ketika ada seseorang yang menggerakan/memindahkan motor tersebut dan alarm hanya sanggup dimatikan dengan remote control tersebut. Hampir sama mirip mobil, canggih kan?
Dan untuk ukuran bagasi, gak perlu anda tanyakan lagi. Ukuran bagasi Honda PCX 150 ini sangatlah besar, yaitu 32 liter. Cukup untuk helm full face, dan masih ada daerah penyimpanan pelengkap disana. Itu aja review dari gue mengenai Honda PCX 150, jikalau anda ingin mengetahui fitur-fiturnya lebih detail, anda sanggup mengunjung website resmi Honda di http://www.astramotor.co.id/motor-honda/pcx-150.
Berikut spesifikasi Honda PCX 150:
Dimensi
Dimensi (P x L x T) 1.917 x 738 x 1.094
Jarak sumbu Roda 1.305 mm
Jarak terendah ke tanah 140 mm
Berat kosong 129 kg
Rangka
Rangka Tulang punggung
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Lengan ayun dengan peredam kejut ganda
Ukuran Ban depan 90/90-14M/C 46P (tanpa ban dalam)
Ukuran Ban Belakang 100/90-14M/C 57P
Rem depan Cakram hidrolik dengan 3 piston
Rem belakang Tromol
Sistem pengereman Combi Brake System
Mesin
Tipe mesin 4 Langkah SOHC
Sistem pendinginan Pendinginan dengan cairan
Diameter x langkah 58,0 x 57,9 mm
Volume langkah 152,9 cc
Perbandingan kompresi 10,6 : 1 (bensin setara Pertamax Plus)
Daya maksimum 9.67 kW (13.1 PS) @ 8.500 rpm
Torsi maksimum 13.1 Nm (1.34 kgfm) @ 5.500 rpm
Kopling Otomatis, V-Matic
Starter Elektrik dengan sistem ACG Starter
Busi NGK CPR7EA-9
Kapasitas
Kapasitas tangki materi bakar 5,9 liter
Sistem suplai materi bakar Injeksi (PGM-FI)
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin 0,8 liter pada penggantian periodik
Transmisi Otomatis, V-Matic
Kelistrikan
Aki 12V – 5AH (tipe MF)
Sistem pengapian Full transistor, Baterai
Lampu depan 12V – 35W x 2
Lampu senja 12V – 5W x 2
Untuk harga Honda PCX 150, jikalau gak salah harganya Rp 36.800.000 (OTR).
0 Response to "Review: Honda Pcx 150"
Posting Komentar